Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4652
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Kemampuan Menulis Pantun Oleh Siswa Kelas VII SMP YPK Medan Tahun Pembelajran 2019/2020
Authors: Br. Bangun, Dian Puspita
Keywords: Model Pembelajaran Index Card Match;Menulis Pantun
Issue Date: 7-Mar-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Kemampuan Menulis Pantun Oleh Siswa Kelas VII SMP YPK Medan Tahun Pembelajran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP yang berjumlah 75 orang, sampel 51 siswa. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen berjumlah 25 orang adalah dengan siswa yang memiliki nilai rata-rata 77,12 (baik). Berdasarkan nilai yang telah diperoleh dapat diketahui bahwa 3 siswa (48%) mendapatkan nilai sangat baik, 16 siswa (52%) yang mendapat nilai baik, 3 siswa (48%) yang mendapat nilai cukup dan 3 siswa (48%) yang mendapat nilai kurang. Hasil penelitian yang diperoleh pada kelas kontrol nilai rata-rata berjumlah 26 orang adalah 66,96 (cukup). 1 siswa (7,69%) yang mendapatkan nilai sangat baik, 8 siswa (23,07% ) yang mendapat nilai baik, 9 siswa (34,61%) yang mendapat nilai cukup dan 8 siswa (23,07%) yang mendapat nilai kurang. Dari hasil analisis data ini, pengujian dari hasil hipotesis yang telah dilakukan diperoleh bahwa th> ttabel yakni 3,84 > dengan demikian hipotesis h0 diterima. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap kemampuan menulis pantun oleh kelas VII SMP YPK Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4652
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
10. DIAN PUSPITA BR BANGUN.pdf3.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.