Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Index Card
Match terhadap Kemampuan Menulis Pantun Oleh Siswa Kelas VII SMP YPK
Medan Tahun Pembelajran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP yang berjumlah 75 orang, sampel 51 siswa. Metode
penelitian adalah metode eksperimen. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata
kelas eksperimen berjumlah 25 orang adalah dengan siswa yang memiliki nilai
rata-rata 77,12 (baik). Berdasarkan nilai yang telah diperoleh dapat diketahui
bahwa 3 siswa (48%) mendapatkan nilai sangat baik, 16 siswa (52%) yang
mendapat nilai baik, 3 siswa (48%) yang mendapat nilai cukup dan 3 siswa (48%)
yang mendapat nilai kurang. Hasil penelitian yang diperoleh pada kelas kontrol
nilai rata-rata berjumlah 26 orang adalah 66,96 (cukup). 1 siswa (7,69%) yang
mendapatkan nilai sangat baik, 8 siswa (23,07% ) yang mendapat nilai baik, 9
siswa (34,61%) yang mendapat nilai cukup dan 8 siswa (23,07%) yang mendapat
nilai kurang. Dari hasil analisis data ini, pengujian dari hasil hipotesis yang telah
dilakukan diperoleh bahwa th> ttabel yakni 3,84 > dengan demikian hipotesis h0
diterima. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada
pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match
terhadap kemampuan menulis pantun oleh kelas VII SMP YPK Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020.