Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4574
Title: Upaya Meningkatkan Minat Belajar Metematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Siswa SMP Muhammadiayah 8 Medan T.P 2018/2019
Authors: Shanti St, Enda Aprilia
Keywords: Minat Belajar Matematika;Contextual Teaching;Learning
Issue Date: 7-Mar-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Pada penelitian ini, yang menjadi permasalahannya yaitu masih rendahnya tingkat minat belajar Matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa VII SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kela (PTK) dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8 Medan yang bejumlah 34 siswa. Obejek dalam penelitian ini adalah penggunaanmodel pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2018/2019 Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Pengamatan digunakan untuk memperoleh hasil observasi minat belajar siswa, hasil angket minat belajar siswa dan tes digunakan untuk memperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa serta terlaksananya proses pembelajaran pokok bahasan bentuk aljabar menggunakan model Contextual Teaching and Learning. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis observasi, analisis angket, analisis ketuntasan belajar dan nalisis ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada pokok bahasan bentu aljabar pada siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2018/2019. Peningkatan yang terjadi adalah (1) pada tahap awal rata-rata 55 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 14.70%, (2) pada siklus I rata-rata obsrvasi 66,32 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikalnya 44,12%, (3) pada siklus II rata-rata observasi menjadi 83,4 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 88,23%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4574
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
02. ENDA APRILIA SHANTI ST.pdf2.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.