Abstract:
Pada penelitian ini, yang menjadi permasalahannya yaitu masih rendahnya
tingkat minat belajar Matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Apakah penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)
dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa VII SMP
Muhammadiyah 8 Medan T.P 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kela (PTK) dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 8
Medan yang bejumlah 34 siswa. Obejek dalam penelitian ini adalah
penggunaanmodel pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk
meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah
8 Medan T.P 2018/2019 Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
observasi, angket dan tes. Pengamatan digunakan untuk memperoleh hasil
observasi minat belajar siswa, hasil angket minat belajar siswa dan tes digunakan
untuk memperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa serta terlaksananya proses
pembelajaran pokok bahasan bentuk aljabar menggunakan model Contextual
Teaching and Learning. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis observasi, analisis angket, analisis ketuntasan belajar dan nalisis
ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
minat belajar matematika siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching
and Learning pada pokok bahasan bentu aljabar pada siswa kelas VII-B SMP
Muhammadiyah 8 Medan T.P 2018/2019. Peningkatan yang terjadi adalah (1)
pada tahap awal rata-rata 55 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal
14.70%, (2) pada siklus I rata-rata obsrvasi 66,32 dengan persentase ketuntasan
belajar secara klasikalnya 44,12%, (3) pada siklus II rata-rata observasi menjadi
83,4 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 88,23%.