Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4573
Title: Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Kaidah Pencacahan di SMK PAB 2 Helvetia T.P 2018/2019
Authors: Maharani, Susi
Keywords: Kesulitan Siswa;Soal Matematika Kaidah Pencacahan
Issue Date: 4-Mar-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Pada penelitian ini yang menjadi masalahnya adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa-apa saja kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dan apa saja yang menjadi penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Dalam penelitian ini hanya terdapat satu kelas, maka subjek penelitian ini adalah kelas XII Ak-1 yang berjumlah 36 orang siswa dan yang menjadi objek adalah kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah testulis dan wawancara. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengorganisasi pengetahuannya ketika memecahkan masalah dan pelaksanaan wawancara bertujuan untuk mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaiakan soal yang diberikan. Dari hasil analisis yang dilakuakan pada data yang diperoleh dari tes tertulis, menunjukkan bahwa jenisjenis kesulitan siswa bedasarkan fakta terkait kesulitan konsep, kesulitan memahami prosedur dan kesulitan siswa dalam operasi hitung. Kesulitan konsep di dalam matematika menjadi penyebab lemahnya penguasaan materi secara utuh pada matematika. Kesulitan siswa dalam operasi hitung merupakan sebuah kekeliruan dalam pengerjaan hitung-menghitung, pengerjaan aljabar, pengerjaan matematika yang lainnya. Selain itu siswa juga seringkali mengalami ketidaktelitian dalam hal menyelesaiakan soal biasanya sering terjadi pada siswa yang mengalami kesulitan dalam operasi hitung dimana siswa sering keliru dalam perhitungan dan tidak teliti dengan hasil yang diperoleh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesulitan dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kombinasi pada materi kaidah pencacaha, terletak pada pemahaman konsep, pemahaman prosedur dan pemahaman operasi hitung.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4573
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
01. SUSI MAHARANI 2020.pdf2.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.