Abstract:
Pada penelitian ini yang menjadi masalahnya adalah masih banyak siswa
yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apa-apa saja kesulitan-kesulitan yang dialami siswa
dan apa saja yang menjadi penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa dalam
menyelesaikan soal matematika. Dalam penelitian ini hanya terdapat satu kelas,
maka subjek penelitian ini adalah kelas XII Ak-1 yang berjumlah 36 orang siswa
dan yang menjadi objek adalah kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal
matematika. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah testulis
dan wawancara. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa
dalam mengorganisasi pengetahuannya ketika memecahkan masalah dan
pelaksanaan wawancara bertujuan untuk mengetahui penyebab siswa mengalami
kesulitan dalam menyelesaiakan soal yang diberikan. Dari hasil analisis yang
dilakuakan pada data yang diperoleh dari tes tertulis, menunjukkan bahwa jenisjenis
kesulitan siswa bedasarkan fakta terkait kesulitan konsep, kesulitan
memahami prosedur dan kesulitan siswa dalam operasi hitung. Kesulitan konsep
di dalam matematika menjadi penyebab lemahnya penguasaan materi secara utuh
pada matematika. Kesulitan siswa dalam operasi hitung merupakan sebuah
kekeliruan dalam pengerjaan hitung-menghitung, pengerjaan aljabar, pengerjaan
matematika yang lainnya. Selain itu siswa juga seringkali mengalami
ketidaktelitian dalam hal menyelesaiakan soal biasanya sering terjadi pada siswa
yang mengalami kesulitan dalam operasi hitung dimana siswa sering keliru dalam
perhitungan dan tidak teliti dengan hasil yang diperoleh. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa kesulitan dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal
kombinasi pada materi kaidah pencacaha, terletak pada pemahaman konsep,
pemahaman prosedur dan pemahaman operasi hitung.