Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4437
Title: Efektivitas Kerja Pegawai Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga di Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal
Authors: Jusma
Keywords: Efektivitas Kerja;Kualitas Pelayanan
Issue Date: Apr-2017
Abstract: Kartu Keluarga (KK) adalah kartu identitas keluarga yang memuat nama, susunan dan hubungan dalam keluarga serta identitas anggota keluarga, secara prinsipnya Kartu Keluarga (KK) memang hanya sebuah catatan Administratif, meski begitu fungsi Kartu Keluarga ini sangat penting dan bermanfaat karna data yang ada pada Kartu Keluarga dapat digunakan sebagai bukti jati diri hubungan seseorang dengan keluarganya. Kartu Keluarga (KK) sangat dibutuhkan oleh setiap individu dalam kepengurusan berbagai hal mengenai kependudukan seperti Paspor, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran, pendaftaran sekolah, pengurusan beasiswa dan lain – lain. Namun pada faktanya, masih ada masyarakat yang belum memiliki Kartu Keluarga (KK) khususnya di Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 6432 Kepala Keluarga (KK). Sedangkan yang sudah mencetak Kartu Keluarga sebanyak 4312 kepala keluarga, jadi yang belum mencetak Kartu Keluarga (KK) sebanyak 2120 kepala keluarga. Penelitian ini dilakukan di kantor camat lingga bayu Kabupaten Mandailing Natal, dan yang menjadi narasumber ada empat orang yaitu Camat Lingga Bayu, Sekretaris Camat Lingga bayu, dan pegawai kantor Camatbagian pembuatan kartu keluarga serta masyarakat. Tentu, penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat kerja para pegawai di kantor camat lingga bayu sudah efektif atau belum sama sekali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang berdasarkan analisis kualitatif dengan melakukan observasi secara langsung dilapangan. Berdasarkan peneitian yang dilakukan penulis, maka hasil yang diperoleh terhadap penelitian yaitu bahwa efektifitas kerja pegawai dalam peningkatan kualitas pelayanan pembuatan kartu keluarga dikantor camat lingga bayu sudah terealisasi dengan baik dan sesuai dengan standar operasional prosedur yang ada meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyaknya kelemahan yang dialami oleh struktur kantor camat terhadap pelayanan publik khususnya pembuatan Kartu Keluarga (KK) kepada masyarakat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4437
Appears in Collections:Public Administration Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI JUSMA.pdfFULL TEXT743.59 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.