Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4215
Title: Analisis Perilaku Moral Hazard Nasabah Dalam Meningkatkan Pembiayaan Bagi Hasil (Studi Kasus Pada Bank BNI Syariah KC Medan)
Authors: Nurlita, Fingki
Keywords: Moral Hazard Nasabah;Bagi Hasil
Issue Date: 20-Mar-2019
Abstract: Penelitian ini dibuat karena rendahnya produk berbasis bagi hasil mudharabah dan musyarakah dan rendahnya pembiayaan bagi hasil pada perbankan syariah karena tingginya resiko calon pengelola dana yang disebabkan moral hazard. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana perilaku moral hazard nasabah dalam meningkatkan pembiayaan berbasis bagi hasil dan apakah perilaku moral hazard nasabah dalam meningkatkan pembiayaan bagi hasil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku moral hazard nasabah dalam meningkatkan pembiayaan berbasis bagi hasil dan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah yang diterapkan oleh Bank BNI Syarih untuk meningkatkan pembiayaan bagi hasil atas perilaku moral hazard nasabah. Penelitian ini menggunakan pradigma penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian pada Bank BNI Syariah KC Medan. Peneliti mengambil data dengan teknik wawancara dan beberapa data sekunder pendukung lainnya. Kemudian peneliti menganalisis data dan menginterprestasikan data yang di dapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku moral hazard nasabah pada PT. BNI syariah cabang Medan merupakan salah satu risiko yang harus ditanggung oleh pihak bank terkait pembiayaan berbasis bagi hasil, karena pembiayaan ini utamanya mudharabah adalah pembiayaan yang menganut Character based atau dalam penyalurannya tidak hanya melihat jaminan yang diberikan oleh nasabah akan tetapi melihat karakter dari nasabah tersebut. Usaha preventif atau mitigasi yang dilakukan oleh perbankan dalam mengatasi risiko moral hazard dibagi menjadi Mitigas Pra akad dan Pasca akad. Mitigasi pra akad adalah upaya pendeteksian dini terkait karakter nasabah sebelum mengambil pembiayaan sedangkan mitigasi pasca akad adalah mitigasi yang dilakukan setelah penyaluran pembiayaan, seperti monitoring/pengawasan serta mewajibkan laporan keuangan bagi nasabah
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4215
Appears in Collections:Syariah banking



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.