Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2786
Title: Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD.HN Service Station
Authors: Idris, Idris
Keywords: Kualitas Produk;Pelayanan Purna Jual;Kepuasan Pelanggan.
Issue Date: 1-Mar-2019
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, pelayanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan UD.HN Service Station. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 169 konsumen dari populasi yang berjumlah 293 konsumen dan merupakan konsumen aktif UD. HN Service Station. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa angket dan menggunakan skala likert dalam pemilihan respon penilaian, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa variabel kualitas produk memiliki nilai P-value 0,000 < 0,05 artinya berpengaruh signifikan, sedangkan thitung 3,644 > ttabel 1,660 jadi dapat disimpulkan hipotesa Ha diterima dan Ho ditolak artinya variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya variabel layanan purna jual memiliki nilai P-value 0,528 > 0,05 yang artinya tidak berpengaruh signifikan dan diperoleh thitung -0,633 < ttabel 1,660 jadi dapat disimpulkan hipotesa Ha ditolak dan Ho diterima artinya variabel layanan purna jual secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Dan yang terakhir nilai Fhitung sebesar 7,249 sedangkan Ftabel sebesar 3,05 maka Fhitung > Ftabel. Kemudian P-value 0,001 < 0,05 artinya signifikan. Maka Ha diterima dan dapat diambil kesimpulan bahwa variabel X1 (kualitas produk) dan X2 (layanan purna jual) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Y (kepuasan pelanggan) secara signifikan. Melalui pengolahan data, peneliti dapat memberikan masukan atau saran kepada perusahaan yaitu perusahaan diharapkan mampu mempertahankan kualitas produk yang sudah dinilai baik oleh pelanggan dan lebih memperhatikan layanan after pembelian untuk menciptakan kepuasan yang akhirnya berdampak pada loyalitas pelanggan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2786
Appears in Collections:Management



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.