Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27736
Title: PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SD AR-RAHMAN TP.2024/2025
Authors: Afriska, Maylisa
Keywords: Model Project Based Learning (PjBL)
Keterampilan Proses IPAS
Issue Date: 21-Apr-2025
Abstract: mengajar dan juga kurangnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga mengakibatkan kurangnya perolehan keterampilan proses dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses IPA siswa kelas IV SD Ar-Rahman. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan lembar observasi. Teknis analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas expert dan uji hipotesis (uji t). Adapun hasil nilai rata-rata siswa sebelum penggunaan model Project Based Learning (PjBL) 50,42 dengan nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 43. Sedangkan hasil nilai rata-rata siswa sesudah penggunaan model Project Based Learning (PjBL) 79,15 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 62. Data hasil pengujian uji-t yang telah peneliti lakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan pengujiannya diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima (Ha diterima dan Ho ditolak). Artinya setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terjadi sebuah pengaruh terhadap keterampilan proses IPAS siswa kelas IV SD Ar-Rahman.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27736
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MAYLISA AFRISKA.pdfFull Text2.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.