Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27710
Title: PENGARUH PENGGUNAAN MARKOBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN
Authors: NUR BALQIS, HUMMAIRA
Keywords: Markobar
Keterampilan Berbicara
Siswa
Strategi Pembelajaran
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Markobar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan. Markobar, sebagai tradisi lisan dari budaya Mandailing, diadaptasi menjadi strategi pembelajaran yang menekankan pada penyampaian pesan secara bergiliran, sopan, dan terstruktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen di mana kelas V-A sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan penggunaan Markobar, sedangkan kelas V-B sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi keterampilan berbicara yang mencakup indikator pilihan kata, struktur kalimat, ekspresi, kelancaran berbicara, dan ketepatan isi. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Markobar terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Markobar efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa, sekaligus menjadi upaya pelestarian budaya lokal yang bermakna dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27710
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_NUR BALQIS HUMMAIRA_2102090080.pdfFull text6.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.