Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27700
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERINOVASI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN PADA MATA PELAJARAN IPA
Authors: GHASSANI NAJWA, SIESFA
Keywords: Kemampuan Berinovasi
Model Pembelajaran
PjBL
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berinovasi siswa kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan. Model Pembelajaran PjBL menekankan pada penugasan proyek yang memerlukan pemecahan masalah, kreativitas, dan penerapan konsep pembelajaran dalam situasi nyata. Proyek tersebut dirancang untuk merefleksikan tantangan yang dihadapi di dunia nyata sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal esay. Tujuan dilakukannya tes ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan peserta didik pada mata pelajaran IPAS setelah menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model PjBL terhadap peningkatan kemampuan berinovasi siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27700
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_GHASSANI NAJWA SIESFA_2102090095.pdfFull text5.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.