Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2736
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFADILLAH, M. FADLAN-
dc.date.accessioned2020-04-03T10:52:36Z-
dc.date.available2020-04-03T10:52:36Z-
dc.date.issued2018-02-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2736-
dc.description.abstractKepuasan pelanggan adalah respon pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja aktual produk (barang atau jasa) yang dirasakan setelah pemakaiannya. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan diantaranya CRM dan Kualitas Pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan, pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, dan pengaruh Customer Relationship Management (CRM) dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan baik secara parsial maupun simultan pada Hotel Grand Inna Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam peneltiian ini adalah seluruh pelanggan pada Hotel Grand Inna Medan, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah 70 orang dengan menggunakan Quota Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Pengujian Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Secara simultan Customer Relationship Management (CRM) dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.en_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectKepuasan Pelangganen_US
dc.subjectCustomer Relationship Management (CRM)en_US
dc.titlePengaruh Customer Relationship Management (CRM) dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Grand Inna Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utaraen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Management



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.