Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27302
Title: ANALISIS KESALAHAN MENULIS KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA SISWA NIDA SUKSASAT SCHOOL THAILAND
Authors: ZULKIFLI, ALYA ZAHRA
Keywords: Kesalahan Menulis Kosa-Kata
Siswa Nida Suksasat School
Thailand
Issue Date: 21-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan guna mengetahui kesalahan menulis kosa kata Bahasa Indonesia pada siswa Nida Suksasat School Thailand. Riset ini memakai metode deskriptif kualitatif, di mana peneliti mendeskripsikan temuan data tanpa melibatkan angka-angka secara statistik. Penelitian ini dilakukan di Nida Suksasat School, Thailand, dengan subjek penelitian berupa siswa yang mempelajari bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian diatas, terdapat banyak siswa yang salah dalan menuliskan kosa kata. Pada kata “Menyanyi “ memiliki presentase 64%, pada kata “ Melukis” memiliki presentase 40%, pada kata “ Memasak” memiliki presentase 28%, pada kata “ Membaca” memiliki presentase 36%, pada kata “ Bersepeda” memiliki presentase 64% dan terakhir pada kata “ Berbelanja” memiliki presentase 92%. Baik faktor internal maupun eksternal berkontribusi pada kesalahan ejaan dan kesalahan penulisan lainnya di Sekolah Nida Suksasat Thailand. Salah satu faktor yang paling penting adalah faktor yang dibawa oleh setiap siswa dari dalam diri mereka sendiri. Lima komponen yang membentuk variabel internal adalah sebagai berikut: usia, ketidakmampuan, kurangnya rasa percaya diri, motivasi yang kurang, dan Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume 09 Nomor 04, Desember 2024 688 kecerobohan. Faktor interferensi bahasa (transfer negatif), konten yang menantang, waktu yang tidak efisien, dan lingkungan yang tidak sesuai adalah empat komponen yang membentuk faktor eksternal
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27302
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARTIKEL ALYA.pdfFull Text3.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.