Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27160
Title: PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DARUSSALAM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Authors: Adelina, Aziza Kamelia
Keywords: Model Project Based Learning
Kemampuan Menulis
Teks Persuasif
Issue Date: 13-Feb-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis model penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe Postest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 4 kelas yang berjumlah 124 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dri 2 kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII- 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes essai yang berisi 2 soal yaitu struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 dengan model Project Based Learning berada pada kategori sangat baik karena memperoleh rata-rata 84,64 sedangkan kemampuan menulis teks persuasif dengan metode konvensional berada pada kategori kurang baik karena memperoleh rata rata 50,25. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel 36,507 > 1,6706, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27160
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi Aziza.pdfFull Text4.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.