Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27160
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Adelina, Aziza Kamelia | - |
dc.date.accessioned | 2025-05-14T04:35:12Z | - |
dc.date.available | 2025-05-14T04:35:12Z | - |
dc.date.issued | 2025-02-13 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27160 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis model penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe Postest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 4 kelas yang berjumlah 124 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dri 2 kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII- 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes essai yang berisi 2 soal yaitu struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 dengan model Project Based Learning berada pada kategori sangat baik karena memperoleh rata-rata 84,64 sedangkan kemampuan menulis teks persuasif dengan metode konvensional berada pada kategori kurang baik karena memperoleh rata rata 50,25. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel 36,507 > 1,6706, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks persuasif oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Darussalam Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Model Project Based Learning | en_US |
dc.subject | Kemampuan Menulis | en_US |
dc.subject | Teks Persuasif | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DARUSSALAM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
skripsi Aziza.pdf | Full Text | 4.6 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.