Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27113
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Ramadhani, Adinda | - |
dc.date.accessioned | 2025-05-09T10:17:46Z | - |
dc.date.available | 2025-05-09T10:17:46Z | - |
dc.date.issued | 2025-04-21 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27113 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kosakata pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) melalui teknik Simak-Catat di kelas Matthayom 5 Islamwittaya School. Subjek penelitian adalah pemelajar kelas Matthayom 5 di Islamwittaya School yang terdiri dari 22 pemelajar. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, dengan setiap siklus mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan menulis kosakata, dokumentasi, dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis kosakata pemelajar BIPA telah meningkat secara signifikan. Pada tahap pratindakan, nilai rata-rata kelas adalah 64 (kategori kurang). Pada siklus I, setelah penerapan teknik simak catat, nilai rata-rata meningkat menjadi 79 (kategori cukup). Perbaikan pada siklus II dengan memperhatikan alokasi waktu dan penggunaan media kertas bergambar benda-benda sekitar kelas menghasilkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 90 (kategori baik). Peningkatan signifikan terlihat dari persentae pemelajar yang mendapat nilai sangat baik, dari tidak ada pada pratindakan, meningkat menjadi 14% pada siklus I, dan mencapai 45% pada siklus II. Pada hasil observasi aktivitas guru juga menunjukkan peningkatan dari 79% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, sementara hasil observasi aktivitas pemelajar meningkat dari 62% menjadi 88%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik simak catat efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis kosakata pemelajar BIPA, dengan mendorong pemelajar untuk aktif mencatat dan mengolah informasi linguistik secara sistematis dan kontekstual. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Teknik Simak Catat | en_US |
dc.subject | BIPA | en_US |
dc.subject | Kosakata | en_US |
dc.subject | Kemampuan Menulis | en_US |
dc.title | Teknik Simak Catat bagi Pemelajar BIPA dalam Kemampuan Menulis Kosakata: Studi Riset oleh Pemelajar Islamwittaya School | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Dinda udah sidang maja merah MERONA.pdf | Full text | 1.51 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.