Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2707
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Pada Siswa SMPN 02 Stabat T.P 2019/2020
Authors: Agustia, Sapti Ayu
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep;Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic
Issue Date: Sep-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) di kelas VIII-3 SMPN 02 Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 02 Stabat. Subjeknya adalah siswa kelas VIII-3 yang berjumlah 24 siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah pola bilangan. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan persentase siswa yang tuntas hanya 8,7% dengan rata-rata hasil belajar 38. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase kemampuan pemahaman konsep 58,93% dan rata-rata hasil belajar 56,45% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 45,83% serta rata-rata hasil observasi pembelajaran matematika sebesar 85,29%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan persentase kemampuan pemahaman konsep 80,72% dan rata-rata hasil belajar 78,54% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 83,3% serta rata-rata hasil observasi pembelajaran matematika sebesar 91,17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Saran yang dapat diajukan adalah Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2707
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.