Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa dengan model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) di
kelas VIII-3 SMPN 02 Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 02 Stabat.
Subjeknya adalah siswa kelas VIII-3 yang berjumlah 24 siswa. Pokok bahasan
yang diteliti adalah pola bilangan. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis
dan lembar observasi. Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan persentase
siswa yang tuntas hanya 8,7% dengan rata-rata hasil belajar 38. Hasil penelitian
pada siklus I menunjukkan persentase kemampuan pemahaman konsep 58,93%
dan rata-rata hasil belajar 56,45% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar
45,83% serta rata-rata hasil observasi pembelajaran matematika sebesar 85,29%.
Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan persentase kemampuan pemahaman
konsep 80,72% dan rata-rata hasil belajar 78,54% dengan persentase ketuntasan
klasikal sebesar 83,3% serta rata-rata hasil observasi pembelajaran matematika
sebesar 91,17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Visualization, Auditory,
Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa. Saran yang dapat diajukan adalah Visualization, Auditory,
Kinesthetic (VAK) dapat dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematika.