Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27020
Title: | Pemanfaatan metode Wahdah dalam peningkatan kuaitas program tahfidz di SMP Muhammadiyah 7 Medan |
Authors: | Anggraini, Diyah |
Keywords: | Metode Wahdah;program tahfidz;kualitas pembelajaran;SMP Muhammadiyah 7 Medan. |
Issue Date: | 20-Feb-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan metode Wahdah dalam peningkatan kualitas program tahfidz di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Metode Wahdah merupakan pendekatan inovatif yang mengintegrasikan teknik pengajaran yang sistematis dan kolaboratif dalam pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan santri, pengajar, dan pihak manajemen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Wahdah berhasil meningkatkan kemampuan hafalan santri secara signifikan. Santri tidak hanya dapat menghafal ayat-ayat Al-Qur'an dengan baik, tetapi juga menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam tentang makna dan tafsir ayat. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan motivasi dan keterlibatan santri dalam proses pembelajaran, serta pengembangan karakter yang sejalan dengan ajaran Al-Qur'an. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar SMP Muhammadiyah 7 Medan terus mengembangkan dan menerapkan metode Wahdah, serta melibatkan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran di rumah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas program tahfidz di sekolah sekolah lain. Kata kunci: Metode Wahdah, program tahfidz, kualitas pembelajaran, SMP Muhammadiyah 7 Medan. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27020 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_DIYAH ANGGRAINI_2101020004.pdf | Full text | 3.34 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.