Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27020
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnggraini, Diyah-
dc.date.accessioned2025-05-05T10:01:53Z-
dc.date.available2025-05-05T10:01:53Z-
dc.date.issued2025-02-20-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27020-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan metode Wahdah dalam peningkatan kualitas program tahfidz di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Metode Wahdah merupakan pendekatan inovatif yang mengintegrasikan teknik pengajaran yang sistematis dan kolaboratif dalam pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan santri, pengajar, dan pihak manajemen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Wahdah berhasil meningkatkan kemampuan hafalan santri secara signifikan. Santri tidak hanya dapat menghafal ayat-ayat Al-Qur'an dengan baik, tetapi juga menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam tentang makna dan tafsir ayat. Selain itu, metode ini juga berhasil meningkatkan motivasi dan keterlibatan santri dalam proses pembelajaran, serta pengembangan karakter yang sejalan dengan ajaran Al-Qur'an. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar SMP Muhammadiyah 7 Medan terus mengembangkan dan menerapkan metode Wahdah, serta melibatkan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran di rumah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas program tahfidz di sekolah sekolah lain. Kata kunci: Metode Wahdah, program tahfidz, kualitas pembelajaran, SMP Muhammadiyah 7 Medan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectMetode Wahdahen_US
dc.subjectprogram tahfidzen_US
dc.subjectkualitas pembelajaranen_US
dc.subjectSMP Muhammadiyah 7 Medan.en_US
dc.titlePemanfaatan metode Wahdah dalam peningkatan kuaitas program tahfidz di SMP Muhammadiyah 7 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_DIYAH ANGGRAINI_2101020004.pdfFull text3.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.