Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26895
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ANANDA, MHD FAHRIZAL | - |
dc.date.accessioned | 2025-04-22T02:30:37Z | - |
dc.date.available | 2025-04-22T02:30:37Z | - |
dc.date.issued | 2025-03-07 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26895 | - |
dc.description.abstract | Kampas rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan yang berfungsi memperlambat bahkan menghentikan kecepatan pada saat terjadi ancaman kecelakaan akibat laju kendaraan yang tidak terkontrol oleh pengendara. Pada zaman modern pabrikan sepeda motor lebih memilih sistem pengereman tipe cakram (disc brake). Umumnya kampas rem dibuat dari bahan asbes, dan non-asbes, namun bahan komposit merupakan salah satu bahan alternatif yang dapat digunakan untuk pembuatan kampas rem. Bahan komposit merupakan gabungan dari dua atau lebih material yang berbeda menjadi suatu bentuk unit mikroskopik gabungan antara pengisi dan matrik. Salah satu bahan komposit yang dapat diolah menjadi bahan kampas rem adalah tempurung kelapa yang dibuat menjadi serbuk arang, serbuk arang tempurung kelapa dipilih karena dapat mengurangi keausan, dan juga supaya mudah di bentuk saat proses pencetakan kampas rem. Tempurung kelapa sendiri sangat banyak dijumpai di sekitar kita Terutama di daerah pesisir percut sei tuan, sumatra utara. Bahan lain yang juga digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk besi, serbuk besi didapat dari hasil sisa pengkorteran silinder sepeda motor, yang dimana limbah tersebut melimpah di bengkel bubut. Penelitian ini dilakukan pada tempat dan waktu yang telah ditentukan untuk menunjang keberlanjutan penelitian. Prosedur percobaan pengujian bahan kampas rem berbahan komposit serbuk arang tempurung kelapa dan serbuk besi ini dilakukan dengan menggunakan alat Tribometer pin on disc. Pengujian dilakukan dengan menggunakan variasi gaya tekanan 1000 gr, 1350 RPM, waktu 60 detik, radius pin (r) 50mm dan jarak sliding (X) 67500. Tingkat keausan yang terjadi pada bahan komposit kampas rem ini bergantung pada komposisi bahan yang dimasukan. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Kampas Rem | en_US |
dc.subject | Komposit | en_US |
dc.subject | Arang | en_US |
dc.title | PEMBUATAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR BERBAHAN KOMPOSIT SERBUK ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN SERBUK BESI (FERRO) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Electrical Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Tugas Akhir CD. MFA (Sidang Sarjana).pdf | Full Text | 4.08 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.