Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2679
Title: Implementasi Kegiatan Corporate Social Responsibility PT. Pelindo 1 Dalam Pengembangan Desa Wisata Tomok Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara
Authors: Damanik, Muhammad Rizki
Keywords: Corporate Social Responsibility;Samosir;Desa Wisata Tomok
Issue Date: 20-Oct-2019
Abstract: Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu program yang dilihat sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pemangku kepentingan dan lingkungan pada segala aspek operasional perusahaan. Peraturan Kementerian BUMN No. 236 Tahun 2003 yang mewajibkan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk menyisihkan laba sebesar 4% untuk program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Sebagai suatu fenomena baru di Indonesia, CSR adalah aktivitas mengejar Tripple Bottom Line yang terdiri dari konseo 3P (Profit, People dan Planet). Sehingga tercipta sustainable development (pembangunan berkelanjutan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan CSR yang diberikan oleh PT. Pelindo 1 dan juga untuk mengetahui peran Public Relations PT. Pelindo 1 dalam mengimplementasikan kegiatan CSR. Teori-teori yang digunakan adalah teori komunikasi, teori public relations, teori corporate social responsibility, citra, jenis citra, manfaat citra. Jenis penelitian yang di ambil peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi serta dokumentasi, hasil pengamatan, dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti yaitu 6 (enam) orang narasumber terdiri dari Kepala Divisi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, Kepala Departemen Hubungan Masyarakat PT. Pelindo 1 dan warga desa wisata tomok sebanyak 4 (empat) orang. Hasil penelitian ini adalah proses implementasi kegiatan corporate social responsibility yang ada di Desa Wisata Tomok sudah berjalan dengan baik. Program yang dilakukan PT. Pelindo 1 mulai dari pengembangan dan pembangunan pada Desa Wisata Tomok berjalan dengan program yang sudah ditentukan. Peran public relations PT. Pelindo 1 dalam mengimplementasikan kegiatan CSR di Desa Wisata Tomok juga berjalan lancer dengan publikasi yang melibatkan media eksternal.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2679
Appears in Collections:Communication Studies



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.