Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2676
Title: Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Oleh Pusat Kesehatan Masyarakat Ditinjau Menurut Undang undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan (Studi Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Medan Amplas)
Authors: Sinaga, Ahmad Fakhrozy
Keywords: Pelayanan;Pusat Kesehatan Masyarakat;Masyarakat
Issue Date: 4-Mar-2020
Abstract: Puskesmas di Kecamatan Medan Amplas selalu berusaha untuk melayani dengan baik dalam segala kebutuhan perawatan meliputi pelayanan kuratif (pengobatan), preventif (upaya pencegahan), promotif (peningkatan kesehatan) dan rehabilitasi (pemulihan kesehatan) dengan harapan pasien yang memperoleh pelayanan kesehatan merasa terpuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketentuan pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas, untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Medan Amplas, dan untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan pelayanan puskesmas kepada pasien di Puskesmas Kecamatan Medan Amplas. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum yang bersifat deskriptif analisis dan menggunakan jenis penelitian yuridis empiris yaitu penggabungan atau pendekatan yuridis normatif dengan unsur-unsur empiris yang diambil data primer dengan melakukan wawancara dan data sekunder dengan mengolah data dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier, dan juga penelitian ini mengelola data yang ada dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa Fungsi pelayanan merupakan salah satu fungsi primer yang harus dijalankan pemerintah untuk mencapai tujuan Negara Indonesia. Pelayanan berarti melayani suatu jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam segala bidang. Puskesmas adalah salah satu penyelenggara pelayanan publik di daerah-daerah di Indonesia. Puskesmas adalah sarana pelayanan kesehatan dasar yang amat penting di Indonesia. Puskesmas merupakan unit yang strategis dalam mendukung terwujudnya perubahan status kesehatan masyarakat menuju peningkatan derajat kesehatan yang optimal. Pelaksanaan pelayanan publik di puskesmas Kecamatan Medan Amplas secara keseluruhan dapat dikatakan baik. Keluhan masyarakat yang dianggap kurang memuaskan, yaitu mengenai keramahan pegawai puskesmas dan mengenai disiplin terhadap pelayanan kepada pasien rawat inap, selain itu tidak adanya standar pelayanan publik dan standar operasional prosedur di Puskesmas yang ditetapkan oleh Puskesmas, yang mana hal ini bertentangan dengan kewajiban penyelenggara pelayanan publik yang diamanatkan oleh Pasal 15 Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2676
Appears in Collections:Legal Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
14. SKRIPSI Ahmad Fakhrozy Sinaga.pdf898.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.