Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2605
Title: Meningkatkan Hasil Belajar Bukti Transaksi Dengan Kemampuan Menganalisis Melalui Model Kooperatif Tipe Picture and Picture
Authors: Hasibuan, Miska Khairani
Keywords: Kemampuan menganalisis;Picture;Hasil Belajar;Metode Pembelajaran Picture
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Tingkat Analis siswa dan Hasil Belajar siswa kelas X SMK Swasta Ira Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.” Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan metode pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menganalisis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swasta Ira Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Ira Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Tes yang digunakan adalah Essay test. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran Picture and Picture. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil belajar pada tes awal (pretest) dengan 16,67%% yang tuntas dengan nilai rata-rata 60,93. Data postest siklus I dengan nilai rata-rata 68,33 hanya 46,67% siswa yang memenuhi ketuntasan. Sedangkan data posttest II dengan rata-rata nilai hasil belajar 80,17 dengan nilai ketuntasan 86,67%. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus I dan siklus II sebesar 40%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa 36,67% (siklus I 23,33% sedangkan siklus II 60%). Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan berpikir analisis siswa 20% (siklus I 33,33% sedangkan siklus II 53,33%). Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Pembelajaran Picture and Picture pada materi tentang Dokumen/bukti transaksi di kelas X SMK Swasta Ira Medan T.P 2017/2018 dapat meningkatkan kemampuan menganalisis dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran Picture and Picture dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2605
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.