Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2588
Title: Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Authors: Mardiana, Kiki
Keywords: Kolaborasi Model Pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share;Hasil belajar siswa;Aktivitas
Issue Date: 20-Apr-2018
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang signifikan antara siklus I dan siklus II di kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Medan yang beralamat Jl. Utama No.170, kota Matsum II, Medan Area, Kota Medan Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 39 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share.untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembar observasi aktivitas. teknik analisis data terdiri dari data kualitatif fan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas sebesar 20,51% (siklus I 53,84% sedangkan siklus II 74,35%). Pada pretest sebelumnya diadakannnya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 10 siswa (25,64%) yang memenuhi standart ketuntasan belajar dengan nilai rata rata 57,94. Setelah diadakannya siklus I siswa yang mencapai standart ketuntasan belajar sebanyak 18 siswa (46,15%) dengan nilai rata-rata 66,02, dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 32 siswa (82,05%) siswa yang telah memenuhi standart ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 84,10. Berdasarkan uraian di atas,dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A Macth dan Think Pair And Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2588
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.