Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2583
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Bantuan Media Akuntapoli (Akuntansi Monopoli) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Authors: Nurhalida
Keywords: Model Pembelajaran Artikulasi;Hasil Belajar;Bantuan Media Akuntapoli (Akuntansi Monopoli)
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMA PAB 4 Sampali . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi dengan bantuan media akuntapoli (akuntansi monopoli) terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum. Siswa kelas XI SMA PAB 4 Sampali Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI yang berjumlah 40 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis yang berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari 15 item angket dan 9 item pre test, 9 item post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya. Dari hasil analisis pada angket model pembelajaran diperoleh skor setelah menggunakan model pembelajaran artikulasi dengan bantuan media akuntapoli (akuntansi monopoli) nilai rata – rata 34,225 dan standar deviasi 10,98. Pre test diperoleh nilai rata-rata 71, dan standar deviasi 10,16. Sedangkan post test nilai rata-rata 85 dan standar deviasi 11,96 dalam pengujian hipotesis diperoleh thitung 14,989 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N – 1 = 39 maka ttabel = 1,685 dengan demikian thitung > ttabel (14,989 > 1,685), sehingga kesimpulannya adalah : “Ada peningkatan hasil belajar siswa di kelas XI SMA PAB 4 Sampali setelah menggunakan model pembelajaran artikulasi dengan bantuan media akuntapoli (akuntansi monopoli) tahun pelajaran 2017/2018.”
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2583
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.