Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25786
Title: | Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Metode Muhadharah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim |
Authors: | Iqbal M, Muhammad |
Keywords: | Pendidikan Agama Islam;metode muhadharah;keterampilan komunikasi;pengembangan karakter;pembelajaran aktif |
Issue Date: | 12-Oct-2024 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan metode muhadharah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim. Metode muhadharah merupakan metode yang mengedepankan kemampuan berbicara di depan umum, khususnya dalam penyampaian materi keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode muhadharah efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, kepercayaan diri, dan pemahaman siswa terhadap materi keagamaan. Selain itu, metode ini mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran dan memperkuat karakter religius mereka. Namun, beberapa tantangan yang dihadapi adalah kurangnya kesiapan siswa dalam menyusun dan menyampaikan materi, serta keterbatasan waktu untuk memaksimalkan potensi siswa. Kesimpulannya, pelaksanaan metode muhadharah memberikan dampak positif terhadap perkembangan spiritual dan intelektual siswa, meskipun perlu adanya perbaikan dalam hal pendampingan dan alokasi waktu pembelajaran. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25786 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_MUHAMMAD IQBAL M_1901020087.pdf | 3.78 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.