Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25786
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIqbal M, Muhammad-
dc.date.accessioned2024-11-02T06:38:55Z-
dc.date.available2024-11-02T06:38:55Z-
dc.date.issued2024-10-12-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25786-
dc.description.abstractenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan metode muhadharah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim. Metode muhadharah merupakan metode yang mengedepankan kemampuan berbicara di depan umum, khususnya dalam penyampaian materi keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode muhadharah efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, kepercayaan diri, dan pemahaman siswa terhadap materi keagamaan. Selain itu, metode ini mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran dan memperkuat karakter religius mereka. Namun, beberapa tantangan yang dihadapi adalah kurangnya kesiapan siswa dalam menyusun dan menyampaikan materi, serta keterbatasan waktu untuk memaksimalkan potensi siswa. Kesimpulannya, pelaksanaan metode muhadharah memberikan dampak positif terhadap perkembangan spiritual dan intelektual siswa, meskipun perlu adanya perbaikan dalam hal pendampingan dan alokasi waktu pembelajaran.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectmetode muhadharahen_US
dc.subjectketerampilan komunikasien_US
dc.subjectpengembangan karakteren_US
dc.subjectpembelajaran aktifen_US
dc.titleAnalisis Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Metode Muhadharah di SMP Islam Terpadu Ibnu Halimen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_MUHAMMAD IQBAL M_1901020087.pdf3.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.