Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25631
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHabib, Muhammad Rafi-
dc.date.accessioned2024-10-26T10:29:44Z-
dc.date.available2024-10-26T10:29:44Z-
dc.date.issued2024-09-19-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25631-
dc.description.abstractGerak putar balik arah (U-turn) adalah suatu putaran di dalam suatu sarana angkutan atau kendaraan yang dilaksanakan dengan cara mengemudi setengah lingkaran yang bertujuan untuk berpergian menuju arah kebalikan. Gerakan putaran balik akan menimbulkan dampak tundaan dan antrian bagi kendaraan yang bergerak searah dengan arah kendaraan sebelum dan melakukan putaran balik. Namun demikian dampak tundaan dan antrian tidak terjadi bila terdapat jarak waktu antara kendaraan yang akan berputar balik dengan kendaraan terdepan pada jalur lawan yang cukup. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja U-turn serta tingkat pelayanan jalan yang dilengkapi dengan fasilitas U-Turn, menganalisa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang melakukan U-Turn, kecepatan kendaraan saat melakukan U-Turn dan panjang antrian yang melakukan aktifitas U-Turn. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan metode PKJI 2014. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn 28,37 detik dengan kecepatan kendaraan sebesar 7,14 km/jam, dengan antrian saat melakukan u-turn sepanjang 29 meter. Dengan tingkat pelayanan C.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectU-turnen_US
dc.subjectwaktu tempuhen_US
dc.subjectpanjang antrianen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Gerak Putaran Balik (U-turn) Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Asrama Medan Sumatera Utaraen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
T.A. MUHAMMAD RAFI HABIB.pdf2.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.