Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2562
Title: Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Berbantu Media Ular Tangga Akuntansi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Kelas X AK SMK Swasta BM Al-Fattah Medan
Authors: Azizah, Nur
Keywords: Model kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD), Media Ular Tangga Akuntansi;Hasil Belajar;Aktivitas Belajar
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan peneliti, dalam penelitian ini: Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Berbantu Media Ular Tangga Akuntansi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Kelas X AK SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, yang berjumlah 23 orang dan yang menjadi objek penelitian ini adalah untuk melihat Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Berbantu Media Ular Tangga Akuntansi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Kelas X AK SMK Swasta BM Al-Fattah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi meliputi (aktivias belajar siswa). Pada tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,2% dengan 9 orang siswa yang tuntasdan 14 siswa yang tidak tuntas. Sedangkan pada tes siklus I diperoleh rata-rata 74,3% dengan 15 siswa yang tuntas dan 8 orang siswa yang tidak tuntas. Dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar 79,3% dengan 21 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang tidak tuntas berdasarkan deskripsi tersebut diatas sehingga dapat disimpulkan Model Pembelajaran PAIKEM yang dipilih Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu Media Ular Tangga Akuntansi bahwa pembelajaran akuntansi yang dilaksanakan dengan menggunakan model pada materi pokok Jurnal Umum efektif pada siswa kelas X AK SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2562
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.