Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2519
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Stabat
Authors: Diana, Tri
Keywords: Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT);Motivasi Belajar;Prestasi Siswa
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa. Dan Untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) di SMK SWASTA HARAPAN Stabat T.P 2016/2017. Adapun yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK SWASTA HARAPAN Stabat yang berjumlah 32 orang siswa.Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes . Tes adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran atau penilaian. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 10 soal berbentuk essay tes. Angket yang diberikan berisikan pernyataan yang menggambarkan kebiasaan siswa tersebut. Sebelum melakukan penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) motivasi belajar siswa sebesar sebesar 19,97 mengalami peningkatan setelah dilakukannya penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menjadi 29,16. Hasil motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 9,19. Penelitian ini menggunakan Uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis harga thitung = 16,42371 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n– 2 = 32 – 2 = 30, maka diperoleh ttabel = 2,042. berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel (16,42371 > 2,042) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sebelum melakukan penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) prestasi belajar siswa sebesar sebesar 74,69 mengalami peningkatan setelah dilakukannya penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menjadi 86,88. Hasil prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,19. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis harga thitung = 13,1913 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n– 2 = 32 – 2 = 30, maka diperoleh ttabel = 2,042. berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel (13,1913 > 2,042) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar dan prestasi siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT di SMK SWASTA HARAPAN Stabat T.P 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2519
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.