Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2516
Title: Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Index Card Macth Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Medan
Authors: Putri, Aprila Mirna
Keywords: Strategi Belajar Aktif Tipe Index Card Match;Hasil Belajar
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMK Negeri 7nMedan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Brain Storming berbantu media amplop misteri terhadap hasil belajar siswa kelas X Ak SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jln STM No. 12-E Medan No.Telephon 061- 7862938. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 37 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 37 orang (Purposep Sampling), instrument penelitian dengan menggunakan observasi dan tes tertulis berbentuk subjetif tes (essay). Observasi yang digunakan sebagai data penelitian berjumlah 20 item dan tes sebanyak 10 transaksi yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data Observasi diperoleh mean 71,51dan standart deviasi 4,54 sedangkan data tes diperoleh mean 86,48 dan standart deviasi 5,87. Penelitian ini menggunakan uji penelitian tindakan kelas untuk mengetahui normalitas data hasil belajar siklus I . Pengujian hipotesis dilakukan dengan hasil belajar siklus II data tunggal atau one sampel dk = N – 2 = 37 – 2 =35, pada α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis maka diperoleh thitung > ttabel (5,823>1,689). Artinya Siklus I dan Siklus II diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat penerapan strategi Index Card Match terhadap aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada indikator pencatatan transaksi kedalam jurnal umum siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2516
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.