Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2508
Title: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Games Super Deal Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII Sma Swasta Dharmawangsa Medan
Authors: Nasution, Siti Hajar Budi Kartini
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif Games Super Deal;Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Games Super Deal terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Sma Swasta Dharmawangsa Medan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan jenis desain one group pre-test post-test only design. Design populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di Sma Swasta Dharmawangsa Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas (129 siswa). Sampel penelitian ini yaitu kelas XII IPS 2 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 10 soal yang yang sudah valid. Dari penelitian ini diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif Games Super Deal sebesar 70,69 sedangkan setelah menggunakan media pembelajaran interaktif Games Super Deal meningkat menjadi 84,25. Penelitian ini menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui Normalitas data hasil belajar, dan menggunakan uji F untuk mengetahui Homogenitas data. Pengujian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji “t” dua pihak dengan dk = N-1 pada α = 0,05. Dari data diperoleh > yaitu 16,357>1,695). Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan begitu dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Games Super Deal terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Sma Swasta Dharmawangsa Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2508
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.