Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2487
Title: Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Togehter untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK PAB 3 Medan Estate
Authors: Yusri, Citra Rada
Keywords: Model Pembelajaran;Keaktifan dan Hasil Belajar;Numbered Heads Together
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana proses pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan dana kas kecil di SMK PAB 3 Medan Estate dengan model pembelajaran pembelajaran Numbered Heads Together, 2) Meningkatan keaktifan peserta didik dengan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pembelajaran akuntansi dana kas kecil di SMK PAB 3 Medan Estate dan 3) Meningkatan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Numbered Heads Together pada akuntansi dana kas kecil di SMK PAB 3 Medan Estate. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga bulan Maret 2017 di SMK PAB 3 Medan Estate. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X Ak SMK PAB 3 Medan Estate berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan dana kas kecil menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan dana kas kecil meningkatkan keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 56,67% meningkat pada siklus ke II menjadi 80% dengan peningkatan keaktifan sebesar 23,33%. Model pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan dana kas kecil meningkatkan hasil belajar peserta didik, pada siklus I dari hasil belajar menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 53,33%. hasil belajar pada siklus II menunjukkan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 83,33 % dengan peningkatan keaktifan sebesar 30%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2487
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.