Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24827
Title: ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE PADA IKLAN DANCOW INDONESIA “BUNDAKU BEDA, TAPI #CINTABUNDASEMPURNA”
Authors: IMAM, MAULANA
Keywords: Semiotika;AIDDA;Iklan Dancow “Bundaku Beda, Tapi #CintaBundaSempurna
Issue Date: 8-May-2024
Abstract: Semiotika adalah ilmu yang mengkaji tanda-tanda, simbol, dan sistem makna dengan tujuan memahami bagaimana tanda-tanda tersebut dipakai untuk menyampaikan makna dalam konteks komunikasi dan budaya Saat ini, iklan tidak hanya memiliki aspek positif dari produk yang dipromosikan, tetapi juga menyampaikan pesan atau tanda-tanda tertentu. Salah satu iklan tersebut adalah iklan "Bundaku beda, tapi #CintaBundaSempurna”. Salah satu iklan dari Dancow dengan memakai tagline “Cinta Bunda Sempurna” menampilkan figure seorang ibu dengan keterbatasan fisik yang dimana kehilangan kemampuan unutk melihat atau tuna netra. Tujuan dari penelitian ini adalah menyampaikan kepada penonton mengenai tanda dalam iklan Dancow Indonesia “Bundaku beda, tapi #CintaBundaSempurna”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. analisis yang digunakan adalah analisis semiotika dengan model Ferdinand De Saussure dan menggunakan metode penanda (signifier) dan petanda (signified) dengan meneliti dialog dan adegan dalam iklan. Hasil yang ditemukan peneliti dalam iklan Dancow “Bundaku beda, tapi #CintaBundaSempurna” betapa pentingnya sosok ibu dalam membersarkan anak tidak terlepas dari keterbatasan yang dimiliki ibu.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24827
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IMAM MAULANA .pdfFull Text2.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.