Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24778
Title: PENGARUH PENGUASAAN RELASI INKLUSI MAKNA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI OLEH SISWA-SISWI KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN
Authors: TANJUNG, SAUMI RISMAINI
Keywords: Relasi, Inklusi Makna;Kemampuan Menulis.
Issue Date: 25-Apr-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan relasi inklusi makna terhadap kemampuan menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 288 siswa, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-E berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X D berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, yaitu menulis teks biografi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan dengan penguasaan relasi, inklusi makna adalah 61,70 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan Rata-rata kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan tanpa penguasaan relasi, inklusi makna adalah 42,26 termasuk dalam kategori kurang. Analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sampel t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diproses dan dianalisis dengan menggunakan software SPSS 29.0 for windows dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Karena Sig. (2- tailed) <0,05, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penguasaan relasi inklusi makna terhadap kemampuan menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24778
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SAUMI RISMAINI TANJUNG .pdfFull Text3.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.