Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan relasi inklusi
makna terhadap kemampuan menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri
2 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA
Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 288 siswa, dan sampel penelitian ini
adalah siswa kelas X-E berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X D berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes,
yaitu menulis teks biografi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
rata-rata kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei
Tuan dengan penguasaan relasi, inklusi makna adalah 61,70 termasuk dalam
kategori cukup. Sedangkan Rata-rata kemampuan menulis teks biografi siswa kelas
X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan tanpa penguasaan relasi, inklusi makna adalah
42,26 termasuk dalam kategori kurang. Analisis yang digunakan yaitu uji
normalitas, uji homogenitas dan uji independent sampel t-test. Berdasarkan hasil uji
hipotesis yang diproses dan dianalisis dengan menggunakan software SPSS 29.0 for
windows dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Karena Sig. (2-
tailed) <0,05, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penguasaan relasi inklusi makna terhadap
kemampuan menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei
Tuan