Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24770
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KANAL YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP AL-WASHLIYAH 30 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Authors: ANGGRAINI, YAYANG
Keywords: Project Based Learning;Naskah Drama;Kemampuan Menulis
Issue Date: 25-May-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis Naskah Drama oleh siswa kelas VIII SMP Al-Washliyah 30 Medan Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Washliyah 30 Medan yang berjumlah 124 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 dengan jumlah 32 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan media pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis Naskah Drama. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample T- Test). Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis vakni memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara posttest dengan rata-rata 8,13 (sebelum diberikan treatment) dengan nilai postest dengan rata-rata 85.7 (sesudah diberikan treatment) yaitu Asym. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0.000 lebih kecil dari <0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis diterima artinya ada perbedaan dari sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran digital dalam kegiatan menulis Naskah Drama oleh siswa Kelas VIII SMP AI-Washliyah 30 Medan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24770
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI YAYANG ANGGRAINI .pdfFull Text2.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.