Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis Naskah
Drama oleh siswa kelas VIII SMP Al-Washliyah 30 Medan Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Washliyah 30 Medan yang
berjumlah 124 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6
dengan jumlah 32 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan media
pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis Naskah
Drama. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik
analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample T- Test). Berdasarkan hasil
analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis vakni memperoleh
nilai rata-rata perbedaan antara posttest dengan rata-rata 8,13 (sebelum diberikan
treatment) dengan nilai postest dengan rata-rata 85.7 (sesudah diberikan
treatment) yaitu Asym. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0.000 lebih kecil
dari <0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis diterima artinya ada
perbedaan dari sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran digital
dalam kegiatan menulis Naskah Drama oleh siswa Kelas VIII SMP AI-Washliyah
30 Medan