Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24758
Title: PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 07 MEDAN
Authors: HANDAYANI, NITA FITRI
Keywords: Media;Video Animasi;Berbasis Etnomatematika
Issue Date: 27-Apr-2024
Abstract: Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui bagaimana produk media video animasi berbasis etnomatematika pada mata pelajaran matematika. (2) Mengetahui tingkat kevalidan media. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan media. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development) dan (4) tahap penyebarluasan (dissemination) yang diperkenalkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini menghasilkan media video animasi berbasis etnomatematika di sekolah dasar. Berdasarkan validasi terhadap media pembelajaran rata-rata 90% untuk ahli materi, 97,1% untuk ahli media, 90% untuk ahli bahasa, artinya media pembelajaran kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 93,33% dan untuk respon siswa diperoleh 95,11%, artinya media pembelajaran kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis etnomatematika telah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24758
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NITA FITRI HANDAYANI 2002090054 SIAP.pdfFull Text12.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.