Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24758
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHANDAYANI, NITA FITRI-
dc.date.accessioned2024-07-12T03:09:33Z-
dc.date.available2024-07-12T03:09:33Z-
dc.date.issued2024-04-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24758-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui bagaimana produk media video animasi berbasis etnomatematika pada mata pelajaran matematika. (2) Mengetahui tingkat kevalidan media. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan media. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development) dan (4) tahap penyebarluasan (dissemination) yang diperkenalkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini menghasilkan media video animasi berbasis etnomatematika di sekolah dasar. Berdasarkan validasi terhadap media pembelajaran rata-rata 90% untuk ahli materi, 97,1% untuk ahli media, 90% untuk ahli bahasa, artinya media pembelajaran kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 93,33% dan untuk respon siswa diperoleh 95,11%, artinya media pembelajaran kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis etnomatematika telah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.en_US
dc.subjectMediaen_US
dc.subjectVideo Animasien_US
dc.subjectBerbasis Etnomatematikaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 07 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NITA FITRI HANDAYANI 2002090054 SIAP.pdfFull Text12.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.