Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24704
Title: MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK PUSAT KEUNGGULAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Authors: YOHANA PURBA, RESTI MAYA
Keywords: Manajemen Sꬳkolah;Mutu Pendidikan
Issue Date: 12-Jan-2024
Abstract: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Manajemen sꬳkolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Serdang Bedagai; (2) Efektivitas manajemen sꬳkolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi yang menggabungkan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian diperoleh: (1) Manajemen sꬳkolah meningkatkan mutu Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Serdang Bedagai dilaksanakan melalui: (a) Perencanaan. Hasil temuan dari Perencanaan penelitian adalah SMKN 1 Dolok Masihul melakukan perencanaan pembelajaran melalui: MOU; Analisis Kebutuhan Pengajaran; Penyelarasan Kurikulum berbasis industri; Membuat Jadwal pengajaran dan mangang; Merencanakan pꬳralatan standarisasi pꬳralatan bengkel praktik. (b) Pelaksanaan dilakukan dꬳngan: Penyelarasan dan Pelaksanaan proses pembelajaran. (c) Evaluasi dilakukan melalui tiga bentuk yaitu diagnostik (tes awal), tes akhir dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). (d) Pengendalian atau pengawasan dilaksanakan secara langsung guna memantau dan mengawal kegiatan proses pengajaran. (2) Efektivitas Manajemen sꬳkolah dalam peningkatan mutu Pendidikan sudah efektif. Hal ini dianalisis berdasarkan: (a) Level Reaksi. Berdasarkan perhitungan angket diperoleh: sangat memuaskan 47,1%, memuaskan 28,1%, cukup memuaskan 24,3% dan 0,5% kurang memuaskan. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengajaran berjalan dengan sangat baik hal tersebut terlihat nilai respon sangat memuaskan dan memuaskan 75,2%, walau masih ada peserta yang menilai bahwa penyelenggaraan pengajaran kurang memuaskan 0,5%, (b) Level Belajar, efektivitas pelaksanan pengajaran diukur berdasarkan perubahan sikap, atau peningkatan pengetahuan/keterampilan sesudah mengikuti magang industri. Untuk menganalisis peningkatan pengetahuan pꬳsꬳrta didik dapat diketahui melalui proses membandingkan hasil tes awal dan tes akhir. Berdasarkan perhitungan diketahui terjadi peningkatan pengetahuan pꬳsꬳrta didik mengacu nilai rata-rata tes awal dibandingkan terhadap nilai rata-rata tes akhir. Terdapat peningkatan nilai rata-rata pengetahuan pꬳsꬳrta didik sebesar 18,51 poin, dari nilai rata-rata pengetahuan pꬳsꬳrta sebelum mengikuti mangang industri yaitu 61,51 dibandingkan nilai siswa setelah magang industri yaitu 82,02
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24704
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A.Untuk Jilid Lux TESIS hasil Sidang Tesis NPM 2120060118-YOHANA.pdf1.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.