Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24680
Title: Analisis Keterampilan Guru Dengan Melakukan Variasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Penguruan Islam Amalia
Authors: Tama, Alfin Aria
Keywords: Keterampilan Guru;Variasi Pembelajaran
Issue Date: 30-May-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII dan VIII, untuk mengetahui respon yang diberikan siswa setelah guru melakukan variasi pembelajaran pada pelajaran pendidikan agama Islam, untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami guru dalam mengadakan variasi pembelajaran khususnya pada pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII dan VIII Sumber datanya adalah seorang guru PAI, Kepala Sekolah dan siswa kelas VII dan VIII. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan langkah langkahnya adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penyimpulan data dan untuk keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI di SMP Penguruan Islam Amalia sudah menggunakan beberapa keterampilan melakukan variasi dalam belajar dengan cukup baik dan metode dan strategi mengajar seperti melakukan perencanaan mengadakan pembelajaran, pelaksanaan mengadakan pembelajaran, faktor keterampilan mengadakan variasi pembelajaran dan upaya dalam mengatasi masalah terkait pelaksanaan keterampilan mengadakan variasi pembelajaran. tetapi ada beberapa kendala, yakni kondisi latar belakang dan karakteristik siswa yang berbeda dan keterbatasan fasilitas disekolah juga menjadi kendala dalam guru mengadakan variasi pembelajaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24680
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Proposal Alfin (1) (3)-1.pdf3.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.