Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24654
Title: PENGARUH MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS III SD TERPADU MUHAMMADIYAH 36 MEDAN
Authors: HERLIZA, SHEILA
Keywords: Kemampuan Numerasi Matematika;Model RME (Realistic Mathematics Education);Berbasis Etnomatematika
Issue Date: 27-Apr-2024
Abstract: Riset ini bertujuan guna memahami pengaruh model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa di Kelas III SD Terpadu Muhammadiyah Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif, populasi dalam riset ini adalah seluruh siswa di kelas III SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan yang berjumlah 106 orang siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Al- Farabi dan III Ibnu Rusyd SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan yang berjumlah 52 orang siswa. Pada pengambilan sampel menggunkan teknik Purpossive Sampling. Hasil dari riset ini didapatkan dari tes, lalu diolah serta dianalisis menggunakan SPSS Versi 25. Pada golongan eskperimen terdapat mean sebesar 78,08 dan golongan kontrol sebesar 35,38 hingga dapat disimpulkan bahwa skor mean pada golongan eksperimen memakai Model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika lebih baik dari pada golongan kontrol yang menggunakan metode ceramah. Bersumber analisis data uji hipotesis, golongan eksperimen yang menggunakan Model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika siswa mendapatkan hasil uji Independent Samples Test sebesar 0,00 yang mana 0,00 < 0,05 dengan hal ini menyatakan bahwa Ha diterima H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Etnomatematika berpengaruh signifikan Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika siswa di kelas III SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24654
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SHEILA HERLIZA_2002090176.pdfFull Text8.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.