Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24646
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NEGERI 050656 STABAT
Authors: ANISA, ETIKA
Keywords: Model Pembelajaran;Problem Based Learning;Kemampuan Pemecahan Masalah
Issue Date: 22-Mar-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPAS kelas V di SD Negeri 050656 Stabat. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V Stabat. Dan sampel yang digunakan yaitu 2 kelas yang berjumlah 23 siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan lembar tes soal yang berjumlah 15 soal. Untuk memperoleh data penelitian ini, peneliti akan menggunakan instrument penelitian yaitu menggunakan Teknik pemilihan sampel yang telah di lakukan maka pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik sampel jenuh (sampling jenuh). Dalam penelitian ini peneliti melibatkan 2 kelas sebagai kelas kontrol dan sebagai kelas eksperimen. Dalam kelas kontrol peneliti menggunakan proses pembelajaran dengan metode konvensional sedangkan di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan hasil uji T (independent-samples t test) bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning didapatkan hasil sig.(2-tailed) ialah 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Artinya terdapat Pengaruh yang signifikan antara penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 050656 Stabat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24646
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ETIKA ANISA (2002090080).pdfFull Text3.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.