Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24620
Title: | Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam Gestalt untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X di MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir T.A 2022/2023 |
Authors: | Utami, Mayang Dita |
Keywords: | Bimbingan kelompok;Teknik Sosiodrama;Penyesuaian diri |
Issue Date: | 20-May-2024 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Kemampuan penyesuaian diri tidak selalu berjalan dengan baik, ada saja perasaan tidak menyenangkan menyertinya seperti, kurang percaya diri, takut tidak diterima dalam hubungan sosial, banyak remaja yang menderita dan tidak mampu mencapai kebahagiaan dalam hidupnya karena tidak mampu menyesuaikan diri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok mampu meningkatkan penyesuaian diri siswa MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana kemampuan penyesuaian diri siswa melalui observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Temuan penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama memberikan dampak yang baik terhadap kapasitas penyesuaian siswa kelas 10 MA Al-Falah Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan guru Bimbingan dan Konseling dapat mengembangkan dan mengoptimalkan bimbingan kelompok teknik sosiodramaa dan yang lainnya untuk siswa agar terbentuk kemampuan penyesuaian diri yang baik di sekolah maupun lingkungan sekitar. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24620 |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI MAYANG DITA UTAMI.pdf | 1.46 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.