Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2460
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swasta IRA Medan
Authors: Kelana, Dewi
Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving;Hasil Belajar Akuntansi Siswa
Issue Date: 20-Feb-2017
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SMK IRA Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Creative problem solving (CPS) dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi yang terdiri dari 1 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas X Akuntansi yang berjumlah 41 orang siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, dengan melihat pretest untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan hasil post test untuk mengukur hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berdasarkan analisis data diketahui bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) diperoleh pre test dengan nilai rata-rata 66,21 dan standart deviasi 93,47. Sedangkan hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran post test dengan nilai rata-rata 87 dan standart deviasi 55,06. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk = (n1 + n2)-2 pada taraf signifikan =0,05. Dari data perhitungan homogenitas diperoleh bahwa FhitungFtabel yaitu 1,304,09. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh ThitungTtabel yaitu 5,4732,023 yang artinya hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swasta IRA Medan Tahun Pelajaran 2016/2017” secara efektif
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2460
Appears in Collections:Accounting Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.