Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24593
Title: IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD HANG TUAH 2 TITI PAPAN
Authors: Handayani, Fitri
Keywords: Problem Based Learning;Penelitian tindakan kelas;Perbandingan
Issue Date: 27-Feb-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendekatan Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD Hang Tuah 2 Titipapan, kemampuan peserta didik dalam memahami pembelajaran matematika dan tingkat keberhasilan daya pikir peserta didik terhadap pembelajaran matematika di kelas V SD Hang Tuah 2 Titipapan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Hang Tuah 2 Titipapan yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi aktivitas guru meningkat dari rata-rata nilai 65,47 (cukup) menjadi 89,28 (baik). Aktivitas peserta didik meningkat dari perolehan rata-rata nilai 78,27 (baik) menjadi 90,89 (sangat baik). Sedangkan hasil kemampuan peserta didik pada pra-siklus nilai rata rata 42,5 (kurang) menjadi 67,5 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi nilai rata-rata 82,5 (Baik) pada siklus II. Pada tingkat keberhasilan pra-siklus secara keseluruhan peserta didik belum memenuhi ketuntasan, pada siklus I sebanyak 6 orang peserta didik (30%) sudah memenuhi kriteria ketuntasan (KKM 80) dan pada siklus II diperoleh ketuntasan sebanyak 16 peserta didik (80%)
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24593
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FITRI HANDAYANI.pdfFull Text4.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.