Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24577
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)BERBASISMODEL PROBLEMBASED LEARNING(PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN
Authors: LIA, AGUSTINA
Keywords: LKPD IPAS,;ADDIE;PBL
Issue Date: 14-May-2024
Abstract: Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research And Development) yaitu suatu penelitian yang menghasilkan suatu produk berupa sebuah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPAS kelas IV SD Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kevalidan LKPD yang dikembangkan, mengetahui kepraktisan LKPD yang digunakan serta mengetahui langkah-langkah pengembangan LKPD yang dilakukan pada mata pelajaran IPAS materi siklus hidup hewan pada kelas IV SD Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap 4 dari model ADDIE yaitu tahapan Implementation. Hasil pengembangan dilakukan berdasarkan pada penilaian para ahli untuk mengetahui kevalidan dari produk yang dikembangkan dengan validator yaitu ahli desain media dengan presentase 98% “sangat layak”, Ahli bahasa dengan presentase 97% “sangat layak”, Ahli materi dengan presentase 95% “sangat layak”. Pada kepraktisan LKPD berdasarkan uji coba dari respon guru dan peserta didik. Pada kepraktisan pendidik yang diambil dari respon guru mendapatkan presentase 90% sedangkan uji coba yang dilakukan dengan respon peserta didik mendapatkan presentase 86%. Respon guru dan peserta didik masuk kedalam kategori “sangat praktis”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24577
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LIA AGUSTINA-2002090086 (1).pdf6.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.